Seputar IELTS Test

Test International English Language Testing System atau yang sering disebut dengan test IELTS merupakan sebuah test untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Perbedaan dengan TOEFL adalah biasanya test IELTS diperuntukkan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi atau melakukan riset ke negeri-negeri di Eropa seperti UK, Belanda, Irlandia Utara, dan lain-lain. Selain Eropa, universitas di Australia dan New Zealand biasanya juga menggunakan IELTS sebagai syarat kemampuan bahasa Inggris pendaftarnya.

IELTS cukup berbeda dengan TOEFL dimana pada IELTS skor yang dicapai antara 0 - 9. Terdapat 4 bagian yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Masing-masing bagian akan di skor 0 - 9 yang disebut band score, kemudian akan di rata-rata yang disebut dengan overall band score. Syarat untuk masuk ke perguruan tinggi bisa bervariasi, ada yang minimal 6, ada pula yang 7. Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa perguruan tinggi yang memberikan syarat di salah satu band score. Misalkan di University of Edinburgh memiliki syarat minimal IELTS 7.0 dengan band writing minimal 6.5.

Karna tidak bisa diambil sewaktu-waktu, penting bagi yang ingin mengambil tes IELTS untuk mengecek jadwal yang tersedia. Jadwal dapat dilihat dengan mengakses alamat https://www.ieltsessentials.com/global/ieltshome kemudian pada halaman awal, find your closest test center, isi test type dengan IELTS, pilih negara Indonesia, dan kota yang akan dijadikan tempat tes. Dalam hal ini, saya coba klik Yogyakarta, tempat saya mengambil test.
Homepage Test IELTS

Test Center untuk IELTS tes di Yogyakarta
Kemudian, klik pada tanda plus (+) untuk mengetahui jadwal di tiap test center. Terdapat dua tipe test IELTS yaitu Academic dan General Training. Perbedaannya, Academic digunakan untuk mereka yang ingin mengambil test untuk keperluan akademis seperti mendaftar kuliah atau riset. Sedangkan untuk General Training (GT), biasa diambil oleh mereka yang ingin mengambil test untuk keperluan diluar akademis seperti training khusus, atau bekerja.

Biaya untuk setiap test center bisa bervariasi. Test center yang saya ambil adalah di IDP Yogyakarta. Pada febuari 2017, rate untuk test yaitu sebesar IDR 2.800.000. Biaya dapat berubah sewaktu-waktu mengingat kurs tukar yang bisa saja berubah, sehingga sebelum membayar, peserta wajib mengkonfirmasi ke test center untuk biaya test pada hari tersebut.

Proses mendaftar IELTS cukup mudah. Prosedur untuk tes di IDP Yogyakarta, sebagaimana yang saya dapatkan setelah berkorespondensi dengan cs IDP adalah sebagai berikut:
  1. Menyiapkan scan KTP atau Passport yang masih berlaku (minimal 6 bulan sebelum expired),
  2. Klik webiste https://www.idp.com/indonesia/ielts/bookyourtest/yogyakarta dan pilih "book now" untuk tanggal yang diinginkan
  3. Masukkan semua data valid dan lakukan pembayaran via paypal (jika menggunakan kartu kredit) atau pilih "OFFLINE" untuk pembayaran secara transfer ATM, e-banking atau via bank
  4. Sebelum membayar, konfirmasikan melalui telfon, wa atau email bahwa akan membayar
  5. Lakukan pembayaran ke Commonwealth Bank, (no rekening IDP bisa ditanyakan dahulu melalui email/telfon/wa) dengan subjek NAMA LENGKAP_IELTS_TANGGAL_YOGYAKARTA
  6. Pembayaran dilakukan 1x24 jam atau kursi akan dirilis untuk orang lain
  7. Kirim email bukti bayar setelah melakukan pembayaran, hal ini wajib agar pihak test center dapat melakukan confirm offline payment, konfirmasi melalui email
  8. Setelah melakukan konfirmasi, detail mengenai tempat, waktu test, dll akan dikirim melalui email yang diregistrasi
Selamat mendaftar, dan semoga berhasil!

Comments

Popular posts from this blog

Bagaimana mendapatkan 90% jawaban benar pada PAPs UGM? (My version)

Improving Your IELTS Score? Learn and Practice!

Pengalaman Test PAPS UGM